Rabu, 15 Juli 2015

Ayo Reunian

Selamat pagi. Selamat berpuasa. Selamat bahagia..
Hai.. Bagaimana kabar kalian semua? Semoga Tuhan selalu menganugerahkan kebahagiaan kepada kita semua. Amin.

Nah, kali ini De'nind nggak lagi ngomongin soal cinta, rindu dan apalah itu. De'nind ingin ngajakin kalian semua untuk merenungkan perihal... Reunian. Yups, reunian blo!
Kalau masih ada yang nanyakin apa sih reunian (haduh, plis deh) segera deh buka google dan tanyakan secepatnya. Supaya kamu tidak berlarut dalam kegalauan yang akut. Haha.

Biasanya liburan gini mah, banyak banget yang pada ngajakin reunian. Bener nggak? Dari reunian SMA, SMP, SD bahkan tak jarang pula ada yang ngajakin reunian TK. Dari reunian remaja-remaja keren sampai reunian ibu-ibu beken. Terkadang sampai bingung sendiri, musti kemana dulu nih. Bahkan ada yang sampai lupa ingatan, nah lho gue remaja apa ibu-ibu sih? ah, tepuk jidat.

Nah, melihat banyaknya situasi yang terjadi pra-reunian ini. De'nind mau ngasih tips yang kudu kalian persiapkan sebelum datang reunian. Sebelumnya kalian harus tau bahwa saat reunian hanya dua hal yang akan jadi topik obrolan. Yaa cuma dua hal tapi beratnya masyaalloh!
Apa sih dua hal itu?

Pertama, adalah penampilan. Kalian disarankan untuk fashionable ketika reunian. Kalau nggak, kalian bakal kejet-kejet, panik, mual, galau, parahnya lagi kalian bisa mendadak pingsan. Kok bisa sih? Kalian musti tahu, reunian itu adalah ajang pamer kesejahteraan. Ketika enak-enaknya ngobrol, mereka pasti nyelipin kalimat  yang nggak lagi ngobrol enak, tapi malah jadi ngobrol enek. Seperti... eh gue bawa mobil baru lho, lihat nih gadget gue keluaran kemaren lho, eh lu tau nggak kemaren gue jadi brandambassador-nya produk internasional lho, lihat tas gue dong ini asli paris lho, lihat sepatu gue dong, lihat jam tangan gue dong, lihat ini gue dong, lihat itu gue dong... yang ujung-ujungnya pasti berakhir dengan pertanyaan "eh, punya elu mana?" haha.

Kedua, adalah pasangan. Nah ini sebenarnya point of topic nya. Ada yang bilang, reunian adalah ajang cari pasangan, ada lagi yang bilang reunian adalah ajang celebek atau CLBK atau cinta lama bersemi kembali, ada lagi yang bilang reunian adalah ajang mengenang luka lama (haha.. bukan de'nind yaa). Biasanya ketika reunian, pertanyaan yang sangat tidak bisa dihindari adalah seperti... udah punya pacar belum? udah nikah belum? siapa pacarmu sekarang blo? tunangannya mana? kapan mau nikah? kapan punya pacar? kapan balikan sama si dia?(sambil nunjuk mantan dimeja sebelah) dan ujung-ujungnya berakhir dengan kalimat.. masyaalloh, lu jones (jomblo ngenes) banget blo!
haha.

Jadi, tipsnya adalah persiapkan semua yang nantinya berkaitan dengan dua hal diatas. Nggak banyak sih, tapi.. lumayan lah, cukup buat nguras harta dan air mata. Haha.

Tapi, kalian nggak perlu takut, tidak semua reunian kejadiannya seperti hal diatas. Terkadang ada yang mengadakan reunian dengan kegiatan-kegiatan positif seperti pengajian, bakti sosial, reunian yang nggak mempertemukan antara laki-laki dan perempuan dsb. Sehingga kalian akan terhindar dari dua hal percakapan diatas.

Pada hakikatnya reunian adalah waktu yang tepat untuk bersilaturrahmi. Dan bersilaturrahmi itu sangat diutamakan dalam agama. Seperti yang sudah terjabar dalam hadist berikut :

عن عبد الله بن عمرو بن العاص ـ رضي الله عنهما ـ عن النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ قال : ” ليس الواصل بالمكافئ ، ولكن الواصل الذي إذا قطعت  رحمه وصلها “رواه أحمد ، والبخاري . وأبو داود ، الترمذي ، والنسائي.

Artinya : Dari Abdullah bin Amr bin Al Ash RA, dari Nabi Muhammad SAW bersabda: "Bukanlah orang yang menyambung (silaturrahim) itu adalah orang yang membalas (kebaikan orang lain), akan tetapi penyambung itu adalah orang yang jika ada yang memutuskan hubungan ia menyambungnya." (HR. Ahmad, Al Bukhari, Abu Daud, At Tirmidzi dan An Nasa'i)

Nah, sekarang ketika ada yang ngajakin reunian, jangan panik, ambil nafas dalam-dalam, tersenyum lalu jawab "Insyaallah, pasti hadir..."

Ayo reunian...
TK Al Hidayah Tempurejo, SDN 1 Tempurejo, SMPN 1 Jenggawah, MA Nurul Jadid Probolinggo, FKS-NJ Jember, PP. Ar rahman Tempurejo dan lainnya...

0 komentar:

Posting Komentar

 
nilnafaricha Blogger Template by Ipietoon Blogger Template